fbpx

Harganya Sudah Berubah. Berikut Alasan Kenaikan Bea Materai Menjadi Rp 10.000,00

Doc. Bernasnews.com


Sobat Bagus, kalian tahu enggak kalau sekarang tarif dari bea materai sudah berubah. Sebelumnya tarif bea materai yang berlaku adalah Rp 6.000 dan Rp 3.000. Nah, per 2021 ini, diberlakukan tarif tunggal untuk bea materai menjadi 10.000 rupiah. Hal berdasarkan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 1985 Tentang Bea Materai menyebutkan kenaikan tarif baru bea materai Rp 10.000 mulai akan berlaku pada 1 Januari 2021.

Dan bukan hanya nilainya saja yang berubah, definisi dari dokumen objek bea materai diperluas, tidak hanya meliputi dokumen berbentuk fisik (kertas) melainkan dokumen elektronik (digital) pun nanti ikut menjadi objek bea materai. Dengan kenaikan tarif, maka batas dokumen yang dikenai tarif bea materai pun diubah. Semula transaksi di atas Rp 250.000 kini menjadi minimum di atas Rp5.000.000. Sebelumnya, dokumen dengan nilai kurang dari atau sama dengan Rp 250.000 dikenai bea materai, tetapi dengan perubahan ini transaksi akan dibebaskan.

Berikut fakta dari kenaikan bea materai yang telah bagusamana.com rangkum untuk kalian:

  1. Pembaruan aturan

Doc. bca.co.id

Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Suryo Utomo mengungkapkan pemerintah belum menyesuaikan tarif bea meterai selama 20 tahun terakhir atau sejak 2000. Bukan itu saja, penerimaan negara diharapkan akan meningkat sebesar Rp11 triliun dengan adanya kenaikan bea meterai ini pada tahun depan.

2. Perluasan objek

Doc. Jurnalgaya.pikiran-rakyat.com

UU Bea Materai sebelumnya belum ada aturan penyematan materai pada dokumen elektronik (digital). Melihat keadaan sekarang dimana dokumen elektronik banyak digunakan, maka dengan objek bea materai bukan hanya berlaku untuk dokumen fisik.

3. Pembebasan untuk dokumen tertentu

Pemerintah memberi kebebasan bea materai untuk dokumen tertentu, yaitu dokumen yang sifatnya untuk kegiatan penanganan bencana, keagamaan dan sosial, dan dalam rangka mendukung program pemerintah terdapat pembebasan bea materai.

4. Pro masyarakat dan UMKM

Doc. Indonesia.go.id

Dengan diberlakukan bea materai Rp 10.000, batas nominal nilai uang dalam dokumen berubah yang semula lebih dari Rp 1 juta menjadi lebih dari Rp 5 juta. Penyesuaian tarif tersebut dilakukan dengan tetap mempertimbangkan pendapatan per kapita, daya beli masyarakat, dan kebutuhan penerimaan negara.

5. Sederhana dan efektif

Doc. Kompas.com

Mulai tahun depan, objek dokumen juga diberlakukan pada dokumen elektronik (digital). Maka diperlukan materai elektronik sebagai langkah lanjut penggunaan bea materai pada dokumen elektronik. Kebijakan baru ini diharapkan dapat dilakukan lebih sederhana dan efektif.

Seperti itu fakta di balik kenaikan bea materai Sobat Bagus. Jadi jangan sampai salah ya kalau ingin menggunakan materai nanti.

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh dana cepat hanya modal BPKB kendaraan anda? Langsung aja klik tombol dibawah ini!